Rabu, 01 April 2015

RPP Budaya Berpendapat di Forum Ekonomi dan Politik



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan                  : SMA Negeri 5 Kota Jambi  

Kelas/ Semester                       : X/1
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Tema                                       : Budaya Berpendapat di Forum Ekonomi dan Politik
Pertemuan ke-                         :
Alokasi Waktu                        :          x 45 Menit

A.  Kompetensi Inti
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.        Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar
1.      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks eksposisi
2.      Menunjukkan perilaku jujur disiplin, peduli dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan dan kewirausahaan.
3.      Menganalisis teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan.
4.      Menyunting teks eksposisi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
5.      Mengabstraksi teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan.

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Membedakan teks eksposisi dengan teks-teks yang lain.
2.      Menemukan unsur kebahasaan dalam teks eksposisi.
3.      Mengurutkan paragraf dalam teks eksposisi.

D.  Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah pembelajaran selesai siswa dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks eksposisi.
2.      Setelah pembelajaran selesai siswa dapat menunjukkan perilaku jujur didsiplin, peduli dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan perdagangan dan kewirausahaan.
3.      Setelah membaca teks eksposisi, siswa dapat membedakan antara teks eksposisi dengan teks-teks lainnya.
4.      Setelah membaca teks eksposisi, siswa dapat menemukan unsur kebahasaan dalam teks eksposisi.
5.      Setelah mempelajari teks eksposisi, siswa dapat mengurutkan paragraf dalam teks eksposisi.

E.  Materi Pembelajaran
1.      Teks eksposisi
2.      Struktur teks eksposisi
3.      Unsur kebahasaan dalam teks eksposisi
4.      Cara mengurutkan paragraf dalam teks eksposisi.

F.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan             : Saintifik
Metode                   : Tanya jawab

G. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.    Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.    Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.    Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.





10 menit
Inti
1.     Mengamati:
·       Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang teks eksposisi.
·       Siswa membaca contoh teks eksposisi.
2.    Menanya
·       Siswa menanggapi pertanyaan guru tentang struktur teks eksposisi.
3.     Mencoba
·      Siswa mencoba memberikan contoh teks eksposisi.
4.    Menalar
·      Siswa mengeksplorasikan hal-hal yang berkaitan dengan teks eksposisi.
·      Siswa mengurutkan paragraf dalam teks eksposisi.
5.    Mengkomunikasikan
·       Siswa menyampaikan secara lisan pikiran utama yang sudah disusun menjadi sebuah paragraf.
70 menit
Penutup
·      Siswa merefleksi kegiatan yang sudah dilakukan.
·      Siswa menyimpulkan materi pembelajaran.
10 Menit







H.  Media dan Sumber Belajar
1.      Media
Teks eksposisi
2.      Sumber Belajar
Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik, Jakarta: Kemendikbud RI, 2013
Buku yang relevan dengan karangan eksposisi.
I.     Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Teknik
·         Penilaian sikap dilakukan melalui penilaian proses.
·         Tes lisan
2.      Bentuk
·         Uraian dan pengamatan
3.      Instrumen (Tes)
Lembar Pengamatan Sikap
NAMA SISWA
TANGGUNG JAWAB
KESANTUNAN
1.
SB       B            C           K
SB       B            C           K
2.
SB       B            C           K
SB       B            C           K
3.
SB       B            C           K
SB       B            C           K
4.
Dst.
Dst.

Keterangan Skor
SB       : Sangat Baik (4)
B         : Baik (3)
C         : Cukup (2)
K         : Kurang (1)


·                Tes Lisan
1.      Sebutkan ciri-ciri yang membedakan teks eksposisi dengan teks yang lainnya!
2.      Sebutkan unsur kebahasaan yang terdapat di dalam teks eksposisi!
3.      Bacalah satu contoh teks eksposisi




Kunci dan Pedoman Penskoran

Skor
Kriteria
Komentar
Isi
27-30
Sangat baik-sempurna

22-26
Cukup-baik

17-21
Sedang-cukup

13-16
Sangat kurang-kurang

Struktur
18-20
Sangat baik-sempurna

14-17
Cukup-baik

10-13
Sedang-cukup

7-9
Sangat kurang-kurang

Isi
18-20
Sangat baik-sempurna

14-17
Cukup-baik

10-13
Sedang-cukup

7-9
Sangat kurang-kurang

Isi
9-10
Sangat baik-sempurna

7-8
Cukup-baik

4-6
Sedang-cukup

1-3
Sangat kurang-kurang



Mengetahui                                                                             Jambi,    Juli 2014
Kepala SMA 5 Kota Jambi                                                     Guru Mata Pelajaran


Drs. Sugiyono, M. Pd                                                             Lindrawati, S. Pd, M. Pd
NIP. 19620510 199003 1 007                                              NIP. 19631113 198512 2 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar