Rabu, 01 April 2015

RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan              : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                   : VII/1
Materi Pokok                      : Pengenalan Budaya Indonesia
Alokasi Waktu                    : 1 pertemuan (1 x 40 menit)

A.      Kompetensi Inti
1.                   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.                   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.                   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.                   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
  1.  
1.1         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1.1 Menunjukkkan rasa cinta dan syukur kepada agama yang dianutnya
  1.  
2.1        Memahami arti cinta lingkungan hidup untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.1         Menunjukkan sikap cinta terhadap lingkungan
  

2.2        Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada Bahasa Indonesia serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan Bahasa Indonesia yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.2.1      Memiliki sikap ingin tahu dalam melaksanakan pembelajaran.
2.2.2      Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil-hasil tugas
  1.  
3.1        Membuat teks tanggapan deskriptif.
3.1.1    Membuat teks tanggapan deskriptif
3.1.2    Mampu mengenali budaya Indonesia

C.      Tujuan Pembelajaran
1.              Siswa dapat menunjukkan sikap berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran
2.              Siswa dapat memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut
3.              Siswa dapat mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
4.              Siswa dapat menunjukkan sikap bertanggung  jawab dalam menyelesaikan tugas.
5.              Siswa dapat memiliki sikap ingin tahu dalam melaksanakan pembelajaran.
6.              Siswa dapat menunjukkan sikap percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil-hasil tugas.
7.              Siswa dapat menyebutkan struktur teks tanggapan deskriptif
8.              Siswa dapat menulis teks tanggapan deskriptif
9.              Siswa dapat mengenal tentang budaya Indonesia

D.       Materi Pembelajaran 
Membuat teks tanggapan deskriptif
E.       Metode Pembelajaran
Pemahaman materi, Penugasan kelompok, Diskusi kelompok, dan Presentasi
       Pendekatan  : Saintifik
F.       Sumber Belajar
1.          Buku Guru Bahasa Indonesia kelas VII
2.          Buku Siswa Bahasa Indonesia kelas VII 
G.      Media Pembelajaran
·         Observasi langsung
·         Alat
Lembar observasi
H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
URAIAN KEGIATAN
RENCANA
WAKTU
Pendahuluan
1.                   Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa dan dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
2.                   Guru menentukan pertanyaan mendasar mengenai obyek yang akan diobservasi, yaitu budaya Jambi sebagai bagian dari budaya Indonesia.
3.                   Siswa menyusun perencanaan proyek dengan didampingi oleh guru, yakni mengenal tentang tempoyak/ batik Jambi, tengkuluk/ tari sikapur sirih.
4.                   Siswa dan guru membuat penjadwalan untuk observasi lapangan.
10 menit
Inti
1.         Mengamati :                                                             
1.              Guru menjelaskan langkah kerja untuk melakukan observasi.
2.              Guru menjelaskan cara membuat teks tanggapan deskripsi.
3.              Siswa mengamati obyek yang telah ditentukan.


2.         Menanya:                                                            
4.              Untuk membuka wawasan siswa tentang budaya Indonesia, guru membuat suatu pernyataan yang memotivasi siswa untuk bertanya. Misalnya: Tempoyak merupakan makanan khas Jambi.

5.         Mengumpulkan Informasi:                                
5.              Siswa secara berkelompok mencari informasi tentang budaya Jambi sebagai bagian dari budaya Indonesia dengan observasi langsung ke lapangan seperti tempoyak/ batik Jambi/ tari sikapur sirih/ tengkuluk.
                              
6.         Mengolah Informasi:                                            
6.              Dari informasi yang diperoleh dalam diskusi kelompok, siswa membuat teks tanggapan deskripsi.
Mengkomunikasikan:                                         
7.              Siswa mengkomunikasikan hasil observasinya.
20 menit
Penutup
1.     Siswa dibimbing guru merangkum dan menyimpulkan isi pembelajaran
2.     Siswa mencermati informasi garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya.
10 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar