RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Disusun
sebagai Tugas Mata Kuliah IBM Bahasa Indonesia
Dosen
Pengampu Rustam, S.Pd., M.Hum
Oleh
Erma Yulita A1B112001
Herti Gustina A1B112005
Nova Ardiansyah A1B112027
Meri Asparina A1B112031
Asep Suryadi A1B112039
Suyatmi A1B112041
Melan Delvia A1B112043
Aswi Muspikawati A1B112047
Rangga Septianto A.P A1B112055
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
JANUARI 2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Cinta Lingkungan Hidup
Alokasi Waktu : 1 pertemuan (1 x 40 menit)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
|
1.1
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1.1
Menunjukkkan rasa cinta dan syukur kepada agama yang dianutnya
|
|
2.1
Memahami arti cinta lingkungan
hidup untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.1.1
Menunjukkan sikap cinta
terhadap lingkungan
|
2.2
Memiliki rasa ingin tahu,
percaya diri, dan ketertarikan pada Bahasa Indonesia serta memiliki
rasa percaya pada daya dan kegunaan Bahasa Indonesia yang
terbentuk melalui pengalaman belajar.
|
2.2.1 Memiliki
sikap ingin tahu dalam melaksanakan pembelajaran.
2.2.2 Menunjukkan
sikap percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil-hasil tugas
|
|
|
3.1
Membuat teks hasil laporan
observasi dengan benar
|
3.1.1
Membuat teks laporan hasil observasi dengan
memperhatikan stuktur teks
3.1.2
Mampu mengenali lingkungan dan menerapkan
rasa cinta lingkungan hidup dalam kehidupan sehari-hari
|
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menunjukkan sikap berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran
2.
Siswa dapat memberi salam pada
saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut
3.
Siswa dapat mengucapkan syukur
ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
4.
Siswa dapat menunjukkan sikap
bertanggung jawab dalam menyelesaikan
tugas.
5.
Siswa dapat memiliki sikap ingin
tahu dalam melaksanakan pembelajaran.
6.
Siswa dapat menunjukkan sikap
percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil-hasil tugas.
7.
Siswa dapat menyebutkan struktur
teks laporan hasil observasi
8.
Siswa dapat menulis teks laporan hasil observasi
9.
Siswa dapat mengenal tentang cinta lingkungan
hidup
D. Materi Pembelajaran
Membuat teks
laporan hasil observasi
E. Metode Pembelajaran
Pemahaman
materi, Penugasan kelompok, Diskusi kelompok, dan Presentasi
Pendekatan : Saintifik
F. Sumber Belajar
1.
Buku Guru Bahasa Indonesia kelas
VII
2.
Buku Siswa Bahasa Indonesia kelas
VII
G. Media Pembelajaran
·
Power point, gambar, dan puisi
·
Alat
Infokus, kertas dan pena
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
URAIAN
KEGIATAN
|
RENCANA
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam dan mengajak
siswa berdoa dan dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
2.
Siswa mengamati dan menanggapi
gambar yang ditampilkan oleh guru tentang lingkungan
3.
Guru menyampaikan garis besar
materi yang akan disampaikan dan menginformasikan tujuan pembelajaran.
4.
Siswa menyimpulkan sendiri
manfaat dari pembelajaran tersebut
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Mengamati
:
1.
Guru menjelaskan struktur teks
hasil observasi yang terdiri dari: definisi umum, definisi bagian, deskripsi
kegunaan atau manfaat.
2.
Salah satu dari siswa diminta
untuk membacakan sebuah puisi dengan tema cinta lingkungan hidup, sedangkan
yang lainnya mengamati pembacaan puisi tersebut.
3.
Siswa diminta untuk menghayati
isi dari puisi tersebut.
2.
Menanya:
4.
Untuk membuka wawasan siswa
tentang lingkungan hidup dan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang teks
laporan hasil observasi, guru memberikan tugas dengan mengajukan beberapa
pertanyaan:
·
Ceritakanlah bagaimana keadaan
lingkungan di sekitar rumahmu!
·
Bagaimana tanggapanmu tentang
kerusakan lingkungan hidup yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak
bertanggung jawab?
5.
Mengumpulkan
Informasi:
5.
Siswa secara
berkelompok mencari informasi tentang keadaan lingkungan dan kerusakan yang
terjadi di lingkungan sekitar.
6.
Mengolah
Informasi:
6.
Dari informasi yang diperoleh
dalam diskusi kelompok, siswa membuat laporan hasil observasi dengan memperhatikan
struktur teks hasil observasi.
Mengkomunikasikan:
7.
Siswa mengkomunikasikan hasil
observasinya.
|
20 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa dibimbing guru merangkum
isi pembelajaran
2.
Siswa mencermati informasi
garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya.
|
5 menit
|
Kurang Komplit Browwww
BalasHapus