RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : Pendidikan Bahasa,
Sastra Indonesia dan Daerah Universitas Jambi
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia untuk Penutur Asing
Kelas/ Semester : A/
IV
Waktu : 1 × 10 menit
A.
Kompetensi
Inti
Mempelajari
bahasa Kerinci dengan metode komunitas
B.
Kompetensi
Dasar
Melakukan
transaksi jual beli dengan menggunakan bahasa Kerinci berdasarkan apa yang
telah dipelajari dengan metode komunitas
C.
Indikator
1.
Siswa dapat
memahami tuturan bahasa Kerinci dalam transaksi jual beli
2.
Siswa dapat
mempraktekkan tuturan bahasa Kerinci dalam transaksi jual
beli
3.
Siswa dapat
membedakan dialek bahasa antardaerah Kerinci dalam transaksi jual beli
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui metode
komunitas siswa dapat memahami tuturan bahasa Kerinci dalam transaksi jual beli
2.
Melalui metode
komunitas siswa dapat mempraktekkan tuturan bahasa Kerinci dalam transaksi jual
beli
3.
Melalui metode
komunitas siswa dapat membedakan dialeg bahasa antardaerah Kerinci dalam
transaksi jual beli
Karakter Siswa yang Diharapkan: dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence),
tanggung jawab (responsibility), berani (courage)
dan ketulusan (honesty)
E.
Materi
Ajar
Mengenal bahasa
Kerinci dengan metode komunitas
F.
Metode
Pembelajaran
Tanya jawab/
interaksi langsung dengan penutur asli bahasa Kerinci
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
·
Kegiatan Awal
-
Salam pembuka
-
Pengantar umum
·
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Pembekalan dan
pengenalan secara umum bahasa Kerinci yang digunakan dalam transaksi jual beli.
Elaborasi
-
Mengamati
secara langsung bahasa yang digunakan oleh penutur asli bahasa Kerinci tentang
transaksi jual beli
Konfirmasi
-
Mempraktekkan
langsung penggunaan bahasa Kerinci dalam transaksi jual beli
·
Kegiatan Akhir
-
Menuturkan di
depan kelas dialeg-dialeg bahasa yang telah didapat
-
Memberi
kesimpulan tentang perbedaan dialeg bahasa antar daerah Kerinci
H.
Penilaian
1.
Tes lisan dalam
bentuk percakapan langsung
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
·
Menuturkan bahasa Kerinci dalam transaksi
jual beli
|
Tes lisan dalam
bentuk percakapan langsung
|
Cara penuturan bahasa Kerinci dalam transaksi
jual beli
|
·
Berapio hargo baju nih?
·
Belilah suwiah!
|
2.
Penilaian kemampuan
memahami dan menuturkan bahasa Kerinci
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
|
Jumlah
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
||||
1
2
3
|
Fitri Lestari
Mahdalena
Winda Sari
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1 = kurang mampu
2 = cukup mampu
3 = mampu
4 = sangat mampu
Nilai
= Skor perolehan × 100
Skor maksimal
I.
Sumber/
Alat Belajar
Pengamatan langsung
ke Pasar Sore Seleman dalam transaksi jual beli
Jambi, _ Mei 2014
Mengetahui
Dosen
Pembimbing Guru
Bidang Studi
Dr.
Eko Kuntarto, M.Pd.,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar